Minggu, 09 Januari 2011

Sejarah Teknologi Informasi


Sejarah Teknologi Informasi

1. Sejarah teknologi informasi digolongkan menjadi tiga masa yaitu natural/manual, mekanis
    dan elektronis.

1.1  Natural : teknologi informasi pada masa ini sudah dikenal sejak jaman purba berupa goresan atau gambar pada batu atau dinding-dinding gua.

Di negara-negara yang dulu di anggap maju seperti Cina, Mesir dan Romawi pun teknologi informasi sudah digunakan masyarakat dengan menggunakan media lempung dan kertas. Selain itu telah berkembang pula alat hitung selain menggunakan jari tangan yang dinamakan abacus/suan pan. Hal ini menunjukkan pada zaman purba sudah mulai mengenal informasi. Goresan dan gambar pada batu dan goa sudah cukup untuk menjadi bukti bahwa pada masa itu manusia purba sudah mengerti pentingnya informasi dan mulai meninggalkan pesan-pesan tertulis.



1.2  Mekanis, pada masa ini peralatan sudah berbentuk mekanik yang digerakkan oleh tangan manusia. Pada masa ini pula teknologi informasi sudah jauh berkembang dengan diciptakannya beberapa peralatan mekanik oleh para ilmuwan. Peralatan yang dikembangkan pada masa ini yaitu:
Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.






1.3  Elektronis, pada masa ini peralatan sudah bekerja secara elektronik misalnya komputer.
       Peralatan yang digunakan dominan menggunakan energi listrik. Perkembangan komputer dibagi menjadi empat generasi. Mulai generasi pertama, kedua, ketiga dan keempat, kelima, keenam.
1.3.1        Komputer Generasi I
Contoh komputer generasi I adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and
Computer)
.




1.3.2Komputer generasi II
        Contoh komputer pada generasi keduan yaitu UNIVAC (Universal Automatic Komputer). UNIVAC ini merupakan komputer komersial yang pertama
.





1.3.3 Komputer Generasi III
         Komputer generasi III, pada generasi ini transisstor dianggap masih terlalu panas untuk digunakan dalam komputer. Sehingga, muncul seorang insinyur di Texas, Jack Kilby yang mengembangkan sirkuit terintegrasi atau sering kita sebut sebagai IC (Integrated circuit) pada tahun 1958. IC ini mengombinasikan tiga komponen elektrik (resistor, transistor, dan kapasitor) dalam sebuah piringan silikon kecil. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut dengan semikonduktor.



1.3.4Komputer Generasi IV
·         Tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik
·         Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
.



      1.3.5  Generasi V
Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.




      1.3.6  Generasi VI
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar