Minggu, 09 Januari 2011

Bahaya Kecanduan Game

Bermain game memang menyenangkan, akan tetapi kalau sudah kecanduan itu namanya berlebihan.Kecanduan bermain game disebabkan oleh banyak faktor. Pertama, orangtua tidak punya cukup waktu untuk merawat anak-anak mereka. Karena tuntutan ekonomi membuat orang tua harus bekerja keras, kadang-kadang, mereka lelah dan malas.

Kedua, banyak anak mengurangi stres mereka dengan bermain game. Karena mereka mendapatkan tekanan dari belajar dan masalah keluarga. Ketiga, anak-anak yang memiliki kepercayaan diri yang rendah akan merasa puas ketika mereka memenangkan sebuah permainan karena desain psikologi dari sebuah game membuat gamer akan merasa penasaran untuk menang sehingga kecanduan terhadap permainan game sangat mudah. Terakhir, ada lingkungan yang sesuai, seperti warnet dan tempat game online yang dapat ditemukan dengan mudah dan biaya yang terjangkau.



Ada banyak efek kecanduan game terhadap pelajar dan mahasiswa seperti mendapatkan kesehatan yang buruk dan nilai pelajaran yang jeblok. Perilaku merekapun dapat berubah dengan cepat, seperti menjadi lebih agresif, egois dan kurang peduli terhadap lingkungan dan pergaulan dan bahkan menyebabkan masalah seksual. Lebih lanjut, ketika mereka kekurangan uang mereka karena terlalu banyak pengeluaran untuk bermain game.menyebabkan anak-anak kadang bertengkar dengan orang tua mereka.
Main game sih boleh-boleh aja sekadar untuk melepas penat tapi ingat jangan sampai kecanduan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar