Minggu, 09 Januari 2011

Mengatasi Rasa Lelah

      Kelelahan merupakan kegagalan tubuh untuk mempertahankan kekuatan fisik, maupun dorongan psikis untuk melaksanakan kegiatan tertentu. sebenarnya rasa lelah berguna sebagai "lampu kuning" yang memberikan peringatan bahwa tubuh menanggung beban yang hampir melampaui batas kemampuan tubuh. kelelahan dapat berasal dari kerja fisik yang berlebihan atau akibat stres emosional dalam kehidupan. kelelahan fisik dan mental saling berhubungan sehingga gejalanya saling mempengaruhi. tanda-tanda kelelahan fisik antara lain: - otot-otot dan tulang terasa sakit, kejang, kaku, dan kekuatannya berkurang - temperatur tubuh agak meningkat dan timbul rasa kantuk - nafsu makan berkurang dan sering sakit kepala - kemampuan melakukan gerakan-gerakan tertentu dan hubungan sex berkurang. tanda-tanda kelelahan mental adalah: - susah tidur dan sering terbangun di malam hari - gangguan pencernaan seperti perih, mual dan kembung - kemampuan berfikir dan berkonsentrasi berkurang - emosi tidak stabil, tegang dan mudah marah - gairah bekerja menurun, khawatir, tidak percaya diri dan pesimis. Salah satu cara untuk mempertahankan stamina dan mencegah kelelahan adalah dengan makan teratur dengan nilai gizi seimbang. kurangi lemak dan berpantang terhadap makanan yang menimbulkan alergi, seta cukup minum menjelang dan selama melakukan kegiatan fisik. kelelahan juga dapat dicegah dengan tidak melakukan olah raga secara berlebihan, namun berlatih dengan teknik dan dosis yang tepat. sebenarnya cara yang paling tepat untuk mengatasi kelelahan adalah tidur pulas tanpa bantuan obat tidur. tidur yang cukup membuat tubuh mengalami proses pemulihan. Beberapa tips untuk mendapatkan tidur yang pulas adalah:
    • jaga kebersihan kamar tidur, gunakan warna dinding dan lukisan-lukisan yang menentramkan dan lampu temaram.
    • singkirkan semua benda yang berhubungan dengan pekerjaan dari kamar tidur
    • minumlah secangkir susu nonfat hangat setengah jam sebelum tidur untuk menenangkan sistem syaraf
    • mandi air hangat satu jam sebelum tidur untuk melemaskan otot-otot tubuh
    • hindari minuman berkafein paling sedikit tiga jam sebelum tidur
    Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengatasi kelelahan seperti mandi uap, mandi sauna, pemijatan, penyinaran, akupresur atau akupuntur. untuk mengatasi kelelahan mental dapat dilakuakan meditasi atau relaksasi dengan cara:
  • telentang dalam ruangan yang tenang sambil menarik nafas panjang dan hembuskan perlahan-lahan
  • bayangkan suatu tempat yang memberikan ketenangan seperti tepi pantai, pegunungan atau pohon yang rindang dan bawalah perasaan anda pada tempat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar